Home » 2011 » November » 11 » PENYEBAB KANKER
2:41 PM
PENYEBAB KANKER
Penyebab Kanker biasanya sulit untuk diketahui dengan pasti karena merupakan gabungan dari sekumpulan faktor baik genetik, lingkungan, perilaku, kejiwaan & radikal bebas.


1. FAKTOR KETURUNAN

Faktor Genetik
Mutasi genetik karena DNA sel normal mengalami kerusakan karena radikal bebas & karsinogen.

2. FAKTOR LINGKUNGAN (Sumber Karsinogen)

Radiasi
Ultraviolet dari matahari, sinar X, nuklir, elektromagnetik

Polusi
Udara : Rokok, asap kendaraan & industri

Air : Bahan kimia, logam berat, zat warna, detergen

Tanah : Limbah beracun

Makanan
Makanan berpengawet, makanan dengan pewarna sintesis, makanan yang diasamkan, banyak makan daging, jeroan dan makanan berlemak, kurang sayur & makanan berserat tinggi, kerak/ arang pada makanan yang dibakar/ panggang, minyak goreng yang dipakai berkali-kali.

Virus Onkogenik
Human Papilloma Virus (HPV) penyebab kanker servik

Virus Sitomegalo penyebab sirkoma kaposi

Virus Hepatitis B penyebab kanker hati

Virus HIV penyebab limfoma & kanker darah

Infeksi
Parasit Schistosoma penyebab kanker kandung kemih clonorchis penyebab kanker pankreas & saluran empedu Helicobacterpylori penyebab kanker lambung.

3. FAKTOR KEJIWAAN DAN EMOSI

Gangguan Hormonal
Stress menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon kewaspadaan (Adrenalin) dalam jumlah besar sehingga tubuh siaga penuh, tekanan darah meningkat, jantung bekerja lebih kuat & sel-sel tubuh mengalami ketegangan. Bila hal ini terjadi terus-menerus dapat mengubah pula sel dalam bertumbuh & berkembang dimana sel-sel akan terangsang untuk tumbuh liar dan tak terkendali sehingga terjadi kanker. Stress menggangu keseimbangan sistem kekebalan tubuh dan melemahkan sel pembunuh dalam mengenali dan membunuh sel-sel kanker.

4. RADIKAL BEBAS

Sumber
Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan proses metabolisme. Berasal dari racun-racun kimiawi dari makanan, minuman, udara yang terpolusi dan sinar ultra violet matahari. Radikal bebas di produksi berlebihan pada saat kita makan berlebihan, stress berlebihan baik fisik, psikologis maupun biologis.

Category: Kanker | Views: 673 | Added by: edy | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *: