Home » 2013 » January » 4 » TERAPI HERBAL MELANGSINGKAN BADAN
3:35 PM
TERAPI HERBAL MELANGSINGKAN BADAN
OBESITAS
Obesitas adalah kelebihan berat badan akibat penumpukan lemak pada jaringan tubuh sudah melebihi batas normal. Kegemukan membuat tubuh cepat lelah jika dipakai bekerja keras, debar jantung lebih kencang serta pernafasan terganggu.

Juga dapat menjadi pemicu munculnya penyakit berat seperti : Diabetes, hipertensi, jantung, paru-paru, hati dan ginjal serta membuat kurang percaya diri karena tubuh tidak indah, terutama bagi wanita.

Munculnya berbagai penyakit itu disebabkan karena tempat penimbunan cadangan makanan (Lemak) sudah penuh sehingga kelebihan cadangan makanan yang masih tersisa akan disimpan ditempat yang tidak lazim yaitu disekitar organ penting seperti jantung, ginjal dan hati sehingga dapat menggangu fungsi organ tersebut.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ada gen khusus dalam kromosom 15 yang mengatur terjadinya proses peradangan yang dapat mengakibatkan kerusakan sel. Kerusakan sel yang terjadi akan menyebabkan gangguan proses metabolisme dan munculnya berbagai penyakit dalam tubuh.


FAKTOR PEMICU MUNCULNYA PERADANGAN ADALAH :

a. Gaya Hidup tidak sehat yang memicu munculnya stres oksidatif. Stres oksidatif merangsang produksi zat kimia (Radikal Bebas) yang menyebabkan peradangan dalam sel yang dapat mengakibatkan kerusakan sel.

b. Kondisi gula darah dan insulin yang tidak stabil.
Perubahan tajam pada kadar gula darah akan menaikkan kadar hormon insulin yang akan memaksa jaringan untuk mengabsorbsi glukosa dalam jumlah banyak akan menyebabkan peradangan.

Dapat disimpulkan bahwa secara otomatis setiap penyakit yang muncul selalu melibatkan komponen peradangan, termasuk obesitas yang terjadi sangat erat kaitannya dengan peradangan. Karena peradangan menghalangi kemampuan tubuh dalam membakar lemak untuk energi sehingga lemak tubuh menumpuk yang menyebabkan obesitas.
FAKTOR RESIKO/PENYEBAB KEGEMUKAN :

a. Gaya hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan stress oksidatif :
• Makan melebihi kebutuhan tubuh dan tinggi kalori
Dengan makan melebihi kebutuhan tubuh akan terjadi penumpukan kalori yang kemudian disimpan dalam bentuk lemak yang menyebabkan kegemukan
• Kurang menggunakan energi atau melakukan aktifitas tubuh (Olahraga)
Aktifitas fisik diperlukan untuk membakar kalori menjadi energi. Bila pemasukan kalori berlebihan dan tidak diimbangi aktifitas yang memadai akan menyebabkan gemuk.


b. Keturunan/genetika seperti memiliki sel/kantong lemak yang melebihi normal
c. Pertambahan Usia yang menyebabkan penurunan fungsi organ tubuh sehingga laju metabolisme melambat
• Proses metabolisme yang lambat sangat hemat mengeluarkan kalori sehingga banyak sisa kalori yang disimpan dalam bentuk lemak menyebabkan kegemukan
• Metabolisme lambat bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu, kelenjar tiroid yang kurang aktif (kelenjar yang menghasilkan hormon tiroid yaitu kelenjar hormon yang bertanggung jawab terhadap metabolisme tubuh), kelainan hipogonadisme (keadaan yang terjadi akibat menurunnya aktifitas kelenjar kelamin), serta sindrom crushing (kelainan metabolisme yang disebabkan oleh aktifitas kelenjar adrenal kortikal yang hiperaktif)
d. Gangguan hormonal / enzim
• Wanita dengan gangguan hormonal (ditandai haid tidak teratur) dan menopause, lebih mudah mengalami kegemukan akibat penurunan hormon tiroid yaitu hormon yang berperan dalam proses metabolisme dan penggunaan energi dalam tubuh
• Adanya gangguan metabolisme terhadap aktifitas enzim adipose tissue lipoprotein lipase yang memiliki peranan penting dalam mempererat penambahan berat badan karena fungsinya dalam mengontrol kecepatan trigliserida dalam darah yang dipecah menjadi asam lemak dan disalurkan ke sel-sel tubuh untuk disimpan.


TIPE KEGEMUKAN MENURUT TINGKATAN :

Tingkatan kegemukan yang diderita seseorang sangat bervariasai tergantung persentase kelebihan berat badan dibanding berat normal. Berdasarkan hal tersebut pengelompokan kondisi seseorang yang mengalami kegemukan adalah sebagi berikut :

1. Simple Obesity (Kegemukan Ringan).
Merupakan kegemukan akibat kelebihan berat badan sebanyak 20% dari berat ideal dan tanpa disertai penyakit diabetes, hipertensi dan hiperlipidemia.

2. Mild Obesity
Merupakan kegemukan akibat kelebihan berat badan antara 20%-30% dari berat ideal dan belum disertai penyakit tertentu tetapi sudah perlu diwaspadai.

3. Moderat Obesity
Merupakan kegemukan akibat kelebihan berat badan antara 30%-60% dari berat ideal dan memiliki resiko tinggi untuk menderita penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

4. Morbid Obesity
Merupakan kegemukan akibat kelebihan berat badan lebih dari 60% dari berat ideal dengan resiko sangat tinggi terhadap penyakit pernafasan, gagal jantung dan kematian mendadak.


UPAYA MELANGSINGKAN TUBUH.

Seperti sudah diketahui bahwa kegemukan berhubungan langsung dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan berpotensi mengundang munculnya beragam penyakit dan komplikasinya serta menghambat peremajaan sel. Salah satu upaya untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang prima dan mencegah munculnya berbagai penyakit kronis sekaligus memiliki tubuh ideal adalah dengan menurunkan kegemukan.

Namun, upaya penurunan kelebihan berat badan ini banyak dilakukan dengan jalan pintas menggunakan obat-obatan dari bahan kimia sintetis secara berlebihan, akibatnya bukan berat tubuh yang turun tetapi sebaliknya malah menderita berbagai penyakit kronis termasuk gagal ginjal. Beberapa bahan kimia sintetis yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat penurun berat badan tetapi sangat tidak dianjurkan karena memiliki efek samping yang berbahaya diantaranya :

1. Amfetamin.
Bekerja sebagai penahan nafsu makan sekaligus meningkatkan aktifitas fisik lebih lama dari keadaan normal namun memiliki efek samping berbahaya yaitu sukar tidur,gelisah,tremor (gemetar),sakit kepala,hipertensi serta penyempitan pembuluh darah terutama pembuluh darah di daerah ginjal sehingga ginjal tidak mendapat pasokan makanan yang memadai,hal ini akan memacu kerusakan ginjal.

2. Orlistat.
Bekerja menahan penyerapan lemak dan menghambat pemecahan molekul lemak dalam usus besar.Efek samping yang timbul berupa buang air kecil tidak terkontrol dan bahayanya tubuh dengan mudah kehilangan vitamin A,D,E,K yang larut dalam lemak.

1. Furosemid
Bekerja sebagai diuretika atau memperbanyak pengeluaran cairan tubuh. Bahan kimia ini mempunyai efek samping berbahaya yaitu mengecilnya sel-sel tubuh, dehidrasi dan kerusakan ginjal.

2. Obat laksansia (pencahar).
Bekerja dengan merangsang pengeluaran cairan dan kotoran lewat usus, menyebabkan usus tidak mempunyai kesempatan melakukan regenerasi, akibatnya bagian usus yang berfungsi untuk absorbsi makanan terganggu termasuk suplai makanan ke ginjal sehingga akan terjadi kerusakan ginjal dan berpotensi menyumbat usus besar.





PENURUNAN BERAT BADAN YANG AMAN DAN IDEAL

Dalam diet penurunan berat badan, cara terbaik adalah dengan mengatur 6 faktor utama yaitu : mengurangi nafsu makan, gula darah, insulin dan peradangan, merangsang pembakaran lemak serta menghambat penyerapan lemak dalam tubuh. Konsep kerja formulasi herbal Nurlangsing

1. Mengurangi selera makan.
Cara paling jelas dan nyata untuk mengurangi berat badan adalah mengurangi makan dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengendalikan selera makan. Menggunakan herbal Arthrospir,platensi yang kaya akan protein yang mampu merangsang produksi glukosa dalam usus yang kemudian dirasakan oleh lifer dan dikirim ke hipotalamus untuk menekan pusat lapar sehingga selera makan akan berkurang dan makan lebih sedikit. Menggunakan herbal yang mengandung senyawa Hydroxycitrc acid (HCA) yang berfungsi mempengarui sensor rasa lapar di hipotalamus guna mengendalikan selera makan.

2. Mengendalikan peradangan.
Untuk mencegah peradangan tubuh dapat dilakukan dengan cara :
A. Mengendalikan stres oksidatil.
Dengan mencegah stres oksidatil berarti mencegah munculnya radikal bebas yang menyebabkan peradangan dalam sel yang mengakibatkan kerusakan sel yang berpotensi memunculkan beragam penyakit, sekaligus merangsang pembakaran kalori untuk energi.
Aktifitas mengendalikan stres oksidatil dapat dilakukan dengan menggunakan bahan herbal yang mengandung : phytonutrient dan polifenol, merupakan senyawa yang berfungsi sebagai anti oksidan untuk mencegah munculnya radikal bebas sebagai penyebab peradangan sekaligus membantu melarutkan kolesterol dal kelebihan lemak dalam darah. Phycocyanin, yang berfungsi menjaga dan meningkatkan sistim kekebalan tubuh dalam melawan peradangan.

B. Mengendalikan kadar gula darah dan insulin.
Menstabilkan kadar gula darah dan kadar insulin merupakan salah satu kunci untuk menjaga dan menurunkan berat badan karena dapat menghindarkan diri dari perubahan kadar gula darah dan insulin yang tajam yang menyebabkan peradangan sehingga tubuh dapat membakar lemak, mengontrol selera makan dan menjaga massa otot.
Aktifitas pengendalian kadar gula darah dan insulin dilakukan dengan menggunakan herbal Gymnemo Sylvestre yang mengandung senyawa Gymnesian A-D dan Asam Gymnomat yang terbukti mampu menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah dan penguatan sekresi insulin.

3. Memperbaiki metabolesme tubuh.
Menggunakan bahan herbal yang banyak mengandung cholina yaitu zat lipotropis (daya tarik mengikat lemak) yang berfungsi dalam metabolisme tubuh sebagai agen dalam pencernakan makanan dan lemak, membantu tubuh dalam membakar lemak, mencegah penumpukan lemak di liver dan berperan penting dalam menyeimbangkan kondisi lemak dalam tubuh.

4. Membakar kalori atau lemak.
Salah satu aktifitas dalam penurunan berat badan adalah merangsang pembakaran kalori atau lemak, hal ini dapat dilakukan dengan :
Herbal Houdia Gordoni, sejenis kaktus dari Afrika selatan yang terbukti dapat menekan rasa lapar dan telah teruji secara klinis mampu membakar kalori hingga 2000 kal/hari.
Herbal Greentea , yang mampu menghambat penumpukan lemak di jaringan dan memacu pembakaran lemak.
Herbal guazuma Ulmifolia, yang mengandung torin yang mampu melarutkan lemak, menghambat penumpukan lemak di jaringan serta memacu pembakaran lemak.

5. Menghambat penyerapan lemak.
Dalam proses penurunan berat badan hal penting yang harus dilakukan adalah menghambat atau membatasi penyerapan lemak sehingga pengendalian berat badan dapat dilakukan dengan baik dan sehat,hal ini dapat dilakukan :
Bahan herbal yang mengandung fenolat yang berfungsi menghambat peroksidasi lemak sehingga akan menghambat absorbsi lemak ke dalam tubuh. Bahan herbal yang mengadung sterol dan mucilago yang berfungsi membantu menahan penyerapan lemak dalam usus.

6. Menjaga mood dan stamina.
Menggunakan herbal yang mengandung senyawa Theobromine dan Ginsenoside yang bersifat adaptogen dan memacu produksi Serotonin yang menjaga mood dan stamina sehingga pembatasan kalori dalam proses penurunan berat badan tidak membuat gelisah dan depresi.

7. Suplementasi mineral.
Menggunakan Arthrospira platensis (spirullina) yaitu herbal yang dianggap sebagai makanan super, yang kaya dengan sumber protein, vitamin dan mineral essensial dan phytonutrien seperti antioksidan betakarotine, asam lemak essensial, sulfolipid, kloropil dan polisacehorrides, sehingga Vitalitas dan stamina tetap prima.

KHASIAT :

• Menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan.
• Membakar kalori/lemak di seluruh tubuh termasuk gumpalan lemak di sekitar pinggang, perut dan paha.
• Sebagai pembersih alami dan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.
• Memperbaiki metabolisme tubuh.
• Mengandung protein, multivitamin dan mineral sebagai sumber energi untuk meningkatkan vitalitas, stamina dan kebugaran tubuh.
• Mengandung phytonutrients sebagai antioksidan, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
• Membantu kesehatan jantung dan mengontrol kadar kolesterol dan triglisaride darah.
• Membantu mencegah timbulnya penyakit akibat kegemukan.
• Bagi penderita diabetes membantu menjaga kadar normal gula darah dan meningkatkan kualitas dan kuantitas hormon insulin yang diproduksi kelenjar Pancreas.


DOSIS :

Minum : 3 X 2 kapsul, diminum 1 jam sebelum makan.

Untuk mengukur berat tubuh ideal secara sederhana dapat menggunakan rumus Paul Broca:
• Berat Tubuh = Tinggi Badan (m) - 100
• Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh – (Berat tubuh X 10%)


SARAN :

Untuk mengatasi kegemukan dan komplikasinya ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti :
• Olahraga secara teratur.
• Mengatur pola makan dan hidup teratur.
• Mengkonsumsi Nurlangsing secara teratur.
• Untuk hasil yang optimal, tingkatkan konsumsi air putih minimal 8 – 10 gelas / hari ( 3 liter/hari).
• Batasi makanan tinggi kalori dan lemak.
• Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

CATATAN :

Dalam 30 menit - 60 menit, setelah minum kapsul:

1. Badan akan terasa hangat, ini disebabkan:
a. Terjadi stimulasi sirkulasi peredaran darah diseluruh tubuh,
b. Mulai terjadi proses pembakaran kalori/lemak di tubuh dan jaringan.

Rasa hangat bisa berlangsung selama ± 3 - 6 jam.

2. Muncul perasaan kenyang.
Category: Obesitas | Views: 253 | Added by: edy | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *: